Cara Mendapatkan Supplier Batik Berkualitas Dengan Harga Murah

Sebenarnya mencari supplier batik yang berkualitas dan terpercaya, pastinya juga dengan harga murah, tidak terlalu sulit. Akan lebih baik jika Anda berhasil mencari supplier tangan pertama, pasti harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah.

  1. Tentukan produk batik yang diinginkan

Karena kali ini Anda mencari produk batik, maka pastinya cari tahu jenis produk batik seperti apa yang diinginkan. Misalnya saja Anda saat ini mencari supplier batik modern atau supplier batik tulis. Yang dimaksud dengan supplier batik modern ini adalah teknik atau proses membuat batik yang terbilang modern, seperti batik cap atau juga batik printing. Dimana kelebihan batik seperti ini adalah harganya yang jauh lebih murah. Saat ini sudah cukup banyak produsen yang memproduksi batik secara modern.

Sedangkan batik tulis sendiri, seperti yang diketahui bersama adalah batik yang dibuat dengan cara ditulis, untuk teknik seperti ini tentu kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, tapi untuk harga, pastinya cenderung agak mahal.

  1. Daerah macam batik yang diinginkan

Hal kedua yang sebaiknya Anda perhatikan adalah jenis batik, atau asal daerah yang akan diinginkan. Misalnya saja Anda ingin jenis batik Pekalongan, jenis batik Solo, jenis batik Cirebon, atau yang lainnya.

Seperti diketahui bersama, saat ini perkembangan batik di Indonesia terbilang cukup cepat. Hampir setiap daerah mempunyai jenis batiknya yang berbeda. Tidak hanya itu, motif dan corak yang dimiliki juga beragam, bahkan ada beberapa yang mengkombinasikan motif tertentu.

Anda dalam hal ini dapat memilih salah satu jenis motif yang diinginkan, dan berasal dari daerah tertentu, atau bahkan Anda juga dapat mencari supplier yang mampu menyediakan berbagai macam motif batik untuk Anda.

  1. Cari langsung di sentra industri atau melalui Online Marketplace

Untuk mencari supplier batik tangan pertama, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain :

  • Mencari secara manual

Maksudnya adalah Anda dapat dapat mengunjungi salah satu supplier yang Anda ketahui posisinya. Misalnya saja berada di dekat rumah Anda atau yang lainnya.

  • Mengunjungi sentra industri secara langsung

Adapun cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mencari supplier tangan pertama adalah dengan mengunjungi langsung sentra industri yang ada. Misalnya saja Anda dapat mengunjungi sentra industri batik yang ada di kawasan Pekalongan, Kawasan Cirebon, Solo, atau yang lainnya.

Kelebihan lain ketika Anda mengunjungi sentra seperti ini adalah, Anda dapat bertatap muka dengan pihak supplier, dan membandingkan langsung kualitas dan harga batik yang ditawarkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan, Anda dapat melakukan negosiasi harga secara langsung.

  • Mengunjungi online marketplace

Selain mengunjungi sentra industri secara langsung, cara lain untuk mencari supplier tangan pertama adalah dengan mengunjungi online marketplace. Saat ini ada cukup banyak supplier yang memberikan penawaran langsung di online marketplace tersebut.

Kelebihan dari online marketplace ini, Anda dapat mencari batik yang diinginkan secara lebih leluasa, dan hemat waktu. Karena biasanya di layanan seperti ini, informasi tentang jenis batik,dan harga yang ditawarkan akan tertera secara jelas.

Sedikit tips untuk Anda ketika mencari supplier batik seperti yang diinginkan, sebaiknya cari lebih dari 1 supplier terlebih dahulu. Hal ini sebagai perbandingan dan mencari tahu mana yang paling tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

  1. Cari tahu harga batik yang ditawarkan

Mengingat kali ini Anda sedang mencari supplier batik murah, sudah tentu Anda harus mencari tahu tentang harga batik yang ditawarkan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda tentunya sudah mempunyai beberapa gambaran tentang supplier batik. Maka kali ini, cari tahu, masing-masing harga batik yang ditawarkan oleh pihak supplier tersebut. Pastikan harga batik yang ditawarkan terbilang murah, dibandingkan dengan harga batik umumnya.

  1. Mulai Menghubungi calon Supplier dan lakukan negosiasi

Setelah Anda memperoleh gambaran tentang beberapa supplier batik yang dinilai tepat dan sesuai kebutuhan. Maka berikutnya Anda harus menghubungi calon supplier itu sendiri, untuk memperoleh berbagai informasi yang diinginkan.

Dimana dalam hal ini, Anda perlu memperkenalkan diri, memperkenalkan bisnis yang sedang dijalankan, dan pastinya tujuan Anda menghubungi pihak supplier tersebut. Selain itu, mintalah informasi terkait beberapa hal yang Anda inginkan, seperti produk, sistem pemesanan, layanan, dan yang lainnya.

Tidak ada salahnya, dalam hal ini Anda juga langsung melakukan negosiasi produk dan harga. Pastikan hasil negosiasi tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak. Ketika menghubungi pihak supplier tersebut, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan menghubung melalui no kontak yang ada, atau mengunjungi kantor supplier secara langsung.

  1. Cek kualitas batik yang dimiliki

Ketika melakukan proses negosiasi tersebut, ada baiknya jika Anda juga langsung melihat kualitas batik yang dimiliki. Walaupun murah, pastikan produk batik yang ditawarkan tidak murahan. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

  • Cek jenis bahan yang ditawarkan. umumnya bahan yang digunakan adalah bahan katun, namun bisa juga menggunakan bahan lain. Kali ini pastikan bahan yang digunakan baik dan nyaman ketika digunakan.
  • Cek hasil cetakan warna yang diberikan. Maksudnya pastikan warna yang diberikan tidak lengket dan tidak meninggalkan bekas di tangan ketika disentuh.
  • Cek bagian belakang bahan batik. Pastikan hasil cetak batik berkualitas, dimana biasanya hasil cetak bahan antara bagian luar dan dalam terlihat sama.
  1. Jalin kerjasama dengan menggunakan perjanjian tertulis

Dalam menjalin kerjasama dengan pihak supplier, sebaiknya lakukan dengan membuat perjanjian tertulis, atau dengan kata lain kontrak kerja antara kedua belah pihak.

Dari ulasan di atas, jelas sudah bahwa untuk mencari supplier batik tangan pertama yang berkualitas dan murah, tidak terlalu sulit. Anda yang hendak berbisnis atau sedang berbisnis batik, ada biaya jika mulai mencari tahu supplier batik yang tepat sesuai kebutuhan, agar bisnis batik yang dijalankan semakin lancar.

admindekatsini
Author: admindekatsini