Berobat dengan BPJS Tidak Sesuai Faskes? Ini Solusinya!

Berobat pakai BPJS tidak sesuai faskes? Ini solusinya! BPJS Kesehatan adalah program asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Program ini memberikan akses kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Namun, terkadang ada masalah ketika pasien ingin berobat dengan BPJS di tempat yang tidak sesuai dengan faskes yang ditentukan.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti lokasi faskes yang jauh dari tempat tinggal pasien atau karena faskes yang ditentukan tidak memiliki spesialisasi yang dibutuhkan pasien. Namun, jangan khawatir, ada solusi untuk masalah ini.

Pertama-tama, pasien dapat meminta rujukan dari faskes yang ditentukan untuk berobat di tempat lain yang memiliki spesialisasi yang dibutuhkan. Pasien dapat meminta rujukan ke faskes tingkat pertama atau faskes tingkat lanjutan. Rujukan ini akan memungkinkan pasien untuk berobat di tempat lain yang sesuai dengan kebutuhan medisnya.

Kedua, pasien dapat memilih untuk membayar sendiri biaya berobat di tempat yang tidak sesuai dengan faskes yang ditentukan. Namun, pasien harus memperhatikan bahwa biaya yang dikeluarkan akan lebih tinggi daripada jika berobat di faskes yang ditentukan. Pasien juga harus memastikan bahwa tempat yang dipilih memiliki kualitas pelayanan yang baik dan dokter yang berkualitas.

Ketiga, pasien dapat memanfaatkan program JKN-KIS yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Program ini memberikan akses kesehatan yang lebih luas bagi peserta BPJS Kesehatan. Dengan program ini, pasien dapat berobat di tempat yang tidak sesuai dengan faskes yang ditentukan dengan biaya yang lebih terjangkau.

Terakhir, pasien dapat mengajukan keluhan ke BPJS Kesehatan jika merasa